Berita Terbaru :

Kamis, 03 Januari 2013

Manager Bisnis Development Trend Micro, Aulia Huriadi, memprediksi tahun depan masih akan terjadi kejahatan cyber. Ia menyatakan ada 10 kejahatan cyber yang diprediksi akan terjadi di 2013.
"Diprediksi ada 10 kejahatan cyber yang akan terjadi pada 2013," kata Aulia Huriadi di Jakarta, Kamis (27/12/2012).
Berikut adalah 10 kejahatan cyber tersebut:
1. Jumlah malware di aplikasi Android akan meningkat menjadi 1 juta. Ini karena penggunaan sistem operasi Android banyak digunakan oleh personal mau corporate.
2. Tingkat keamanan Windows 8 semakin membaik, namun itu hanya berlaku bagi para pengguna yang menggunakan software asli.
3. Kejahatan cyber akan lebih mengarah pada penggunaan cloud service, seperti pada penggunaan Blog, Twitter, Facebook, Google docs, Dropbox, Pastebin, dan Amazon EC 2.
4. Digital teknologi akan semakin merasuki individu-individu, sehingga ancaman kejahatan cyber muncul ditempat yang tidak diduga-duga. Seperti di TV digital, game box digital, dan lain-lain.
5. Kejahatan cyber akan terjadi pada serangan online di setiap negara. Saat ini sudah mulai banyak bentuk serangan virus ke sebuah negara.
6. Adanya penggunaan cloud computing atau tidak, kejahatan cyber akan tetap terjadi. Banyak faktor yang membuat kejahatan cyber terus meningkat, salah satunya adalah belum teredukasi masyarakt untuk menggunakan software anti virus.
7. Belum jelasnya hukum yang mengatur tindak kejahatan cyber, diperkirakan baru dua atau tiga tahun lagi hukum ini akan mulai efektif.
8. Malware akan semakin pintar untuk masuk kedalam device personal mau ke PC. Ini terjadi karena malware sudah dimasukkan kedalam anti virus palsu, key logger, dan saat transfer data.
9. Saat ini satu orang sudah menggunakan perangkat personalnya  dengan bermacam-macam platform. Dengan penggunaan multiplatform maka kemungkinan terkena kejahatan cyber semakin besar.
10. Afrika akan menjadi tempat yang aman bagi para pelaku kejahatan cyber, ini terjadi karena tingkat koneksi internet di Afrika paling besar di dunia. Dari sanalah nantinya para cyber crime akan bermunculan.
Ada beberapa tips untuk menghindari serangan kejahatan cyber tersebut. Untuk personal dianjurkan untuk selalu melakukan upgrade pada sistem operasi pada perangkat smartphone dan software program. Dan senantiasa menggunakan software antivirus di mobile device atau PC.
 
"Pastikan juga keamanan password dengan mengganti secara berkala, bedakan setiap password untuk setiap platform yang digunakan," ujar Aulia.
 

0 komentar:

Posting Komentar